Pages

Subscribe:

Hasil Pertandingan: Slowakia 0-1 Inggris

Inggris membuka lembaran baru bersama manajer Sam Allardyce dengan kemenangan dramatis 1-0 atas sepuluh pemain Slowakia pada laga pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa Grup F, Minggu (4/9).

Adam Lallana mencetak gol perdananya di panggung internasional pada menit kempat masa injury untuk tampil sebagai pahlawan penentu tiga angka The Three Lions di Stadion Antona Malatinskeho.

Inggris mengawali pertandingan dengan sistem 4-2-3-1, di mana Harry Kane mengemban peran sebagai ujung tombak tunggal dengan dukungan dari trisula Raheem Sterling, Wayne Rooney, serta Lallana di belakangnya.

Namun demikian, ada yang menarik dengan posisi Rooney – memecahkan rekor penampilan terbanyak Inggris untuk pemain outfield dalam laga ini – karena begitu permainan berlangsung ia lebih banyak berada di tengah dan praktis menjadi gelandang, sebagaimana di bawah kepemimpinan Roy Hodgson.

Sementara, 4-1-4-1 menjadi formasi dasar Slowakia asuhan Jan Kozak. Bintang Napoli Marek Hamsik menjadi jenderal lapangan tengah dan Michal Duris tampil sebagai penggedor utama.

Laga babak pertama berjalan amat menjemukan dan hampir tak ada peluang yang tercipta. Inggris jauh superior dalam possession dibandingkan tuan rumah, tetapi bisa dikatakan tak tahu apa yang harus diperbuat dengan bola.

Potensi serangan acap kali buyar gara-gara hal elementer seperti salah umpan maupun kontrol buruk.

Tembakan perdana di Stadion Antona Malatinskeho baru hadir enam menit menuju masa istirahat, tapi itu pun tak masuk kategori membahayakan. Mendapat umpan tarik dari Kane, Sterling melepas penyelesaian yang masih gagal menemui target.

Inggris mencoba lebih agresif selepas interval dengan hasil yang tidak berbeda. Dua tendangan dari Sterling dan Jordan Henderson dalam jarak berdekatan di awal babak kedua meleset.

Mendekati sejam permainan Slowakia kehilangan bek Martin Skrtel akibat pelanggaran sembrono terhadap Kane. Sebelumnya sudah mendapat kartu kuning, sang kapten berbuat bodoh dengan menginjak betis striker Tottenham Hotspur itu dalam sebuah perebutan bola.





Tekanan Inggris meningkat secara signifikan setelah mengantongi keunggulan jumlah personel, dan masuknya Dele Alli untuk menggantikan tempat Henderson juga membuat serangan skuat Tiga Singa lebih hidup. Percobaan Rooney dari jarak 25 yard ditip Matus Kozacik, dan sang kiper melakukan hal yang sama untuk menggagalkan tendangan lob Sterling.

Peluang emas diperoleh Inggris pada seperempat jam akhir, ketika tendangan Lallana dikandaskan tiang gawang, dan upayanya dari bola rebound diselamatkan Kozacik. Penyerang sayap Liverpool itu melakukan shot lagi di menit ke-85, tapi menyamping di sisi gawang Slowakia.

Sementara, tembakan akurat Daniel Sturridge, turun mengisi tempat Kane, mengarah tepat ke tangkapan Kozacik dan penyelesaian Theo Walcott yang bersarang di dalam gawang tuan rumah pada menit-menit terakhir tak disahkan sebagai gol karena ia sudah terjebak off-side.

Meski demikian, kemenangan secara dramatis mampu digapai Inggris berkat gol injury time Lallana. Berawal dari umpan silang Danny Rose yang terdefleksi, bola sampai di penguasaan sang eks Southampton dan pemain 28 tahun itu melepas sepakan kaki kiri yang bergulir masuk melewati sela-sela kedua kaki Kozacik.

0 komentar:

Posting Komentar